Senin, 20 Februari 2012

Kota Kecil Penghasil Nickel

Hmm..
Gue ingat nih sama Sorowako, sebuah kota kecil yg amat sangat indah penghasil nickel (katanya yg terbesar didunia)..
Dulu saya SD nya disni.. :)


SOROWAKO ITU DISULAWESI LOH GAN (SULAWESI SELATAN)
Spoiler for sekilas tentang sorowako:

Sorowako adalah sebuah desa kecil yang berada di propinsi Sulawesi Selatan, Jaraknya + 600 km di sebelah utara Kota Makassar (ibukota Propinsi Sulawesi selatan).. Desa ini terletak di pinggiran pegunungan verbeek, di tepi Danau Matano yang merupakan salah satu danau terindah dan terdalam di dunia..

Sorowako adalah desa di kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia.. Berada di ketinggian ± 300 meter diatas permukaan laut..
Sekarang area Sorowako sudah berkembang dan dipecah menjadi 3 desa, yaitu desa Sorowako, desa Magani dan desa Nickel..

Hingga sekarang dengan adanya perusahaan PT Indonesia Nickel Company / INCO yang beroperasi di daerah ini, menjadikan Sorowako yang dulunya penduduknya sedikit, sekarang sudah bertambah banyak karena sebahagian besar karyawan berdomisili di daerah ini. hampir 70% penduduk di Sorowako adalah pendatang yang berasal dari hampir semua propinsi di Indonesia dan sebagian kecil berasal dari ekspatriat. Selain itu Sorowako juga mempunyai penduduk asli yang bahasa aslinya adalah Padoe..

Di sekitar Sorowako terdapat 3 buah danau yang terkenal yaitu Danau Matano yang Sorowako berada persis di pinggirnya, Danau Mahalona dan Danau Towuti.. Ketiga danau tersebut dihubungkan oleh sungai Larona dan bermuara di Malili ibukota Kabupaten Luwu Timur..

Saya kasih nih sejarah lengkapnya yahh..
 
Pada tahun 1901 seorang Belanda bernama Kruyt meneliti bijih besi di pegunungan verbeek, dan menemukan kandungan nikel di dalamnya.. Pada tahun 1937 seorang ahli geologi INCO LIMITED bernama Flat Elves diundang oleh sebuah perusahaan eksplorasi Belanda untuk melanjutkan studi endapan nikel laterit di Sulawesi.. Ia mengunjungi Sorowako..
Tahun 1966 Studi dilanjutkan oleh Pemerintah republik Indonesia dilakukan di Daerah sulawesi, kemudian pada tahun 1967 pemerintah juga mengundang perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia untuk mengjukan proposal bagi eksplorasi dan pengembangan endapan mineral di Pulau Sulawesi.. Selanjutnya pada tahun 1968 kegiatan eksplorasi skala penuh dimulai mencakup beberapa bagian dari tiga propinsi di Sulawesi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.. Inilah yag menjadi awal alih teknologi yaitu ketika ahli-ahli geologi dari Inco lmited mulai mendidik rekan kerja dari Indonesia untuk mengambi contoh endapanlaterit secara sistematis dan menganalisanya. Eksplorasi yang dilakukan sampai tahun 1971 telah cukup guna dan dipastikan mampu mendukung pabrik nikel yang besar.. Sampai tahun 1973 para geologist bekerja di Malili yang berada di daerah pantai sekitar 60 km dari Sorowako.. Sedangkan Sorowako masih merupakan desa kecil dengan jumlah penduduk 950 jiwa.. Beberapa geologist yang bekerja di Sorowako tinggal di tiga rumah yang dibuat dari kayu setempat di daerah “old camp”.. Setahun kemudian dibuat trailer di “old camp” untuk lima keluarga yang pindah dari Malili untuk bergabung dengan penghuni “old camp” sebelumnya.. perumahan di daerah pontada dan salonsa didirikan untuk keluarga karyawan yang terlibat dalam konstruksi, pembangkit listrik, pertambangan dan fasilitas lainnya.. Satu persatu fasilitas dibangun, sekolah untuk anak-anak karyawan, fasilitas rumah sakit untuk kesehatan, pasar dan lain-lain..
Pada Tahun 1975 sekolah internasional yang awalnya berada di Malili dipindahkan ke Sorowako yang sekarang menjadi gereja advent, kemudian direlokasikan lagi ke lokasi sekarang yaitu Singkole School.. Tahun 1977, Presiden Soeharto datang ke Sorowako dan meresmikan fasilitas penambangan dan pengolahan nikel, hingga saat ini PT Inco terus melakukan pembangunan untuk peningkatan produksi nikel..


Kate orang, sorowako itu kota kecil, tapi jgn salah sangka dulu, dengan adanya perusahaan penghasil nickel terbesar didunia, fasilitas yang ada disorowako amat sangat lengkap loh.. ;)
Spoiler for fasilitas:

Perumahan
Terdapat berbagai wilayah perumahan meliputi:
Pemukiman penduduk asli sorowako yang terletak di tepi danau matano, beberapa bangunan juga ada yang dibangun diatas air..
Perumahan Karyawan PT. Inco yang ditangani oleh General Facilities and Sevices Department,terdiri dari beberapa tipe ( D- single ATCO, D Single Modular, F Family, Apartment, Dormitory, D permanent, C permanent, B permanent, D Challet dan Malili camp yang terletak di Malili )
Selain itu juga dibangun sebuah kompleks perumahan “villa danau Matano”..

Hotel
Untuk pendatang di Sorowako yang ingin menginap, ada beberapa hotel yang ada Sorowako seperti Hotel Sinar Harapan, Hotel Lusiana, Hotel Mulia, Hotel Transisco..
Khusus untuk tamu PT. Inco disediakan pula tempat menginap yaitu Guest House, Dormitory..

Air minum
Untuk seluruh perumahan PT. Inco, pengelolaan air minum dikelola langsung oleh PT. Inco sehingga air yang keluar dari kran aman langsung diminum..

Pendidikan
Pemerintah menyediakan fasilitas sekolah mulai dari tingkat TK dan SD di Sorowako, untuk tingkat SLTP dan SMU pemerintah menyediakan di ibukota kecamatan..
Untuk fasilitas pendidikan anak karyawan PT. INCO menyediakan gedung sekolah mulai dari tingkat taman bermain, taman kanak-kanak, SD, SLTP, SMU dan Akademi Teknik Sorowako. Sedangkan untuk anak karyawan ekspatriat disediakan pula International School..
Selain itu juga ada beberapa sekolah swasta yang merupakan sekolah menengah kejuruan teknik..
Sports
· 4 lapanganTennis
· Golf Course
· Gedung F Gym
Didalamnya terdapat 4 lapangan badminton, bisa digunakan untuk senam lantai dan aerobik, bermain,basket, dan karate..
· Gedung D Gym
Didalamnya terdapat 4 lapangan badminton, bisa digunakan untuk senam lantai dan aerobik, bermain,basket, dan karate..
· Water sport
Berenang, menyelam dan snorkling bisa dilakukan di sepanjang danau matano..
PT. Inco menyediakan fasilitas “ Yatch Club” Klub Perahu Layar khusus untuk karyawan PT. Inco yang hobi bermain perahu layar, menyelam, dan snorkling..
· Jogging
PT. Inco juga menyediakan fasilitas jogging track menuju bukit butoh dengan pemandangan Sorowako..
· Bilyard
Tempat main bilyard di Sorowako hampir di semua hotel menyediakan fasilitas bilyard, khusus bagi karyawan PT Inco yang hobi bermain bilyard disediakan tempat main bilyard di T.A.B (Taman Antar Bangsa)..
MICE (meeting, incentive, convention and exhibition):
· Ontaeluwu
· F-Gym
· D-Gym
 
Banyak orang yg kenal sorowako hanya karena PT. INCO dan Nickelx saja.. Tapi, sebenarx sorowako juga memiliki keindahan alam..
Spoiler for beautiful:

Sorowako bukan hanya terkenal dengan tambang nikelnya, namun dia juga memiliki pemandangan yang indah, diselimuti kokohnya pegunungan verbeck dan dihiasi oleh birunya danau matano.. Sorowako banyak memiliki pesisir danau yang begitu indah, karena itupula sorowako menyajikan beragam tempat-tempat rekreasi berwahana pesisir danau yang tentunya berbeda dengan yang pernah ada sebelumnya.. Namun tidak hanya itu, sorowako menyajikan tempat-tempat rekreasi lain yang tidak kalah menariknya.. Tentunya udara yang sejuk dan asri menjadi citarasa tersendiri dari sorowako..

Pantai Ide


 
Bertempat di kawasan pontada sorowako, pantai ide merupakan tempat rekreasi pantai yang menarik.. Bagi anda yang hobi berenang atau sekedar bermain air, tempat ini bisa menjadi pilihan yang menarik buat rekreasi keluarga, dan teman Anda.. Dilengkapi dengan dermaga yang menjorok ke tengah danau sepanjang lebih dari 100m.. Dermaga didesain sedemikiran rupa sehingga anda bisa memilih dimana Anda akan berenang sesuai dengan jarak dan tingkat kedalaman yang anda inginkan.. Tidak jauh dari dermaga, di pesisir danau juga terdapat beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat berkumpul buat keluarga dan teman-teman anda.. Untuk hari-hari tertentu di tempat ini biasa pula diselenggarakan event-event seperti beragam lomba, acara tradisional, atau dipake sebagai tempat acara oleh suatu komunitas tertentu..

Pantai C
Bertempat di kawasan salonsa sorowako, pantai C menyajikan suasana yang berbeda.. Bagi Anda yang menyukai tempat yang lebih santai dan sejuk, tempat ini bisa dijadikan salah satu referensi anda untuk rekreasi dengan keluarga atau teman Anda. Tempat yang bersih, view yang menarik ke arah danau serta banyaknya pohon-pohon yang rimbun disekitarnya serta kontur tanah yang rata dengan rerumputan yang melapisi hampir seluruh sisi pantai menjadikan tempat ini terlihat lebih santai dan sejuk. Pasir yang halus dan air yang dangkal menjadikan tempat ini layak buat tempat bermain bersama keluarga..
 
Ada bberapa foto nih:





Itulah foto-fotonya..
Lihat dari fotonya aja indah, apalagi kalau udh tinggal disana... 
Pasti Seru..! ;;)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar