Selasa, 05 Februari 2013

Sarapan Pengaruhi Prestasi Anak

Prestasi anak Anda menurun? Jangan buru-buru menyalahkan buah hati Anda. Coba kita evaluasi apakah selama ini tiap pagi sebelum sekolah, anak Anda selalu sarapan? Mengapa harus sarapan?

Ayo simak tulisan ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin Pramono yang dikutip Tribunnews.com dari grup Gerakan Sadar Gizi.

Pramono melansir beberapa penelitian ilmiah yg telah di rilis di jurnal ilmiah internasional berhasil membuktikan hubungan antara sarapan pagi dan prestasi belajar. Gail pada tahun 2005 dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa Sarapan dapat meningkatkan fungsi kognitif yang berhubungan dengan memori, nilai tes, dan kehadiran sekolah.

Sedangkan Rampersaud dkk pada tahun yang sama menyimpulkan bahwa Anak yang menunda sarapan akan menyebabkan lemahnya kinerja dalam memahami tugas di sekolah.

Pada tahun 2008 Cueto & Chinen meneliti hubungan sarapan dan proses belajar ternyata terbukti bahwa Anak sekolah yang gemar sarapan sebelum berangkat ke sekolah meraih skor tes memori, tes penyelesaian masalah dan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan.
 

Melihat berbagai hasil penelitian tsb sudah selayaknya agar Anda dapat membantu prestasi belajar anak Anda menjadi baik, maka mari laksanakan gerakan wajib sarapan bagi anak Anda sebelum ke sekolah.

Semoga Bermanfaat ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar